skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Informasi Tentang Penyakit Maag Akut Yang Bisa Kamu Dapatkan!

Informasi Tentang Penyakit Maag Akut Yang Bisa Kamu Dapatkan!

Pengertian

Maag (radang lambung) adalah suatu kondisi di mana mukosa lambung meradang atau membengkak. Maag dapat muncul secara mendadak (maag akut akut), atau berlangsung dalam waktu yang lama (maag akut kronis).

Penyakit ini tidak berbahaya dan dapat disembuhkan dengan pengobatan tertentu. Namun demikian, dalam beberapa kasus, maag akut dapat menyebabkan maag akut kronis. Kondisi kesehatan seperti ini termasuk sangat umum. Namun, penyakit ini lebih banyak dijumpai dalam orang-orang yang mengonsumsi obat penghilang rasa sakit atau pecandu alkohol.

Komplikasi dari maag akut ini cukup berat apabila tidak diobati. Akibatnya antara lain adalah Peptic Ulcer dan perdarahan pada lambung. Pendarahan yang kronik dapat menyebabkan anemia. Bahkan, Maag kronik meningkatkan resiko kanker lambung terutama bila terjadi penipisan secara terus menerus pada dinding lambung dan perubahan pada sel-sel lambung.

Penyebab

Maag dapat disebabkan oleh banyak hal, antara lain infeksi bakteri, pemakaian obat penghilang rasa nyeri (obat antiinflamasi non steroid) secara terus menerus, konsumsi alkohol secara berlebihan, penggunaan kokain, stress fisik, hingga autoimun, radiasi, Crohn’s disease, dan faktor lain.

Penyebab tersering dari maag akut adalah infeksi bakteri yaitu bakteri Helicobacter pylori. Bakteri ini hidup dibagian dalam mukosa lambung yang melapisi dinding lambung. Kemungkinan bakteri ini ditularkan melalui makanan yang terkontaminasi bakteri ini.

Selain infeksi, obat penghilang rasa nyeri juga dapat menyebabkan maag akut. Golongan NSAI (Non steroid Anti Inflammatory) seperti aspirin, ibuprofen, dan naproxen dapat menyebabkan peradangan lambung dengan cara menghambat produksi prostaglandin melalui blokade enzim siklooksigenase.

Hal ini menyebabkan berkurangnya aliran darah dilambung, sekresi mukosa, dan asam bikarbonat sehingga menimbulkan perdangan.

Konsumsi alkohol secara berlebihan dapat mengikis dan mengiritasi mukosa lambung sehingga dinding lambung lebih rentan terhadap asam lambung bahkan dalam keadaan normal. Penggunaan kokain juga merusak lambung dan menyebabkan perdarahan. Konsumsi kafein berlebihan juga bisa menjadi penyebab.

Gejala

Ketika maag akut terjadi, ada penderita yang merasakan gejalanya dan ada juga yang tidak. Beberapa gejala maag akut di antaranya:

– Nyeri yang menggerogoti dan panas di dalam lambung

– BAB dengan tinja berwarna hitam pekat

– Hilang nafsu makan

– Cepat merasa kenyang saat makan

– Sakit perut

– Perut kembung

– Cegukan

– Mual

– Muntah

– Gangguan saluran cerna

– Muntah darah.

Temui dokter jika gejala maag akut selalu terasa setelah anda mengonsumsi obat-obatan tertentu, anda merasakan gejala sakit maag akut selama seminggu lebih, anda BAB dengan tekstur tinja hitam pekat, dan anda muntah darah.

Sakit atau nyeri di perut tidak selalu menandakan adanya maag akut. Pengobatan biasanya bergantung pada penyebab penyakit ini.

Pencegahan Maag Akut

Jika anda rentan terkena gejala maag, cobalah untuk membagi porsi makan anda ke jadwal makan baru. Sebagai contoh, jika sebelumnya anda suka makan dengan porsi besar tiap jadwal makan, ubah porsinya menjadi sedikit-sedikit sehingga jadwal makan anda menjadi lebih sering dari biasanya. Selain itu, hindari makanan berminyak, asam, atau pedas.

Jika anda termasuk seseorang yang aktif mengonsumsi minuman beralkohol, maka kurangilah kebiasaan tersebut karena alkohol juga dapat menyebabkan gejala maag. Selain itu, kendalikan stres anda.

Jika gejala maag sering kambuh setelah anda menggunakan obat pereda sakit jenis anti-inflamasi nonsteroid (OAINS) konsultasikan hal tersebut kepada dokter. Dalam kasus ini, dokter biasanya akan mengganti OAINS dengan obat pereda nyeri golongan lain seperti paracetamol.

Apa Itu ElderlyCare?

Elderlycare adalah Produk PT. Autoimun Care Indonesia yang merupakan Formula Organik yang diciptakan khusus untuk membantu menyembuhkan penyakit Maag, membantu mengatasi Gangguan pada Sistem Pencernaan, dan membantu memperbaiki sistem metabolisme tubuh.

Elderlycare ini di Produksi dengan teknologi canggih Nanotechnology yang dapat menjaga kesehatan dan membantu menyembuhkan gangguan pencernaan tubuh serta membantu memperbaiki sistem metabolisme tubuh.