skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Sakit Maag Saat Hamil

Sakit Maag Saat Hamil

Maag saat hamil biasanya muncul pada ibu hamil yang awalnya memang sudah menderita maag sebelum hamil. Maag yang benar-benar terjadi pada kehamilan sangat jarang terjadi. Sehingga wanita yang menderita maag sebelum hamil memiliki resiko yang lebih besar. Penyakit maag disebabkan oleh infeksi dari bakteri H, pylori. Maag yang berat bisa menyebabkan tukak lambung dan ini sangat berbahaya untuk kondisi kesehatan ibu hamil.

Berikut adalah beberapa tips yang dapat anda ambil untuk mengurangi sakit maag ketika sedang hamil :

  1. Bagi ibu hamil yang menderita maag atau mencegah agar tidak terjadi gangguan maag selama kehamilan, anda dapat menjaga kesehatan psikis anda, terutama menikmati masa-masa kehamilan. Kehamilan di trimester pertama seringkali dikeluhkan oleh ibu hamil muda karena rasa mual dan muntah yang tidak tertahankan.
  2. Ketika sedang berbadan dua, nafsu makan menjadi menurun sehingga anda harus menyiasati agar nafsu makan anda tetap meningkat. Anda dapat mengatur jadwal makan dengan porsi kecil dan frekuensi yang lebih sering sehingga anda tidak akan merasakan rasa kenyang yang membuat anda tidak nyaman.
  3. Dengan mengunyah makanan dengan benar dan perlahan maka ibu hamil memiliki manfaat seperti lebih kenyang dan menjaga kebersihan mulut, hal ini berkaitan dengan hidrogen karbonat dalam air liur yang dapat menetralkan pembentukan plak-plak.

Selain itu dapat membantu pencernaan dikarekan air liur dapat memecah partikel makanan ketika sedang dikunyah. Terakhir manfaatnya akan meningkatkan produksi air liur dan membantu anda untuk menyerap nutrisi, vitamin, dan partikel yang diserap dan menaikan energi di dalam tubuh.

  1. Mengatasi maag pada ibu hamil hindari perut yang kosong, usahakan sarapan di pagi hari. Bagi anda yang sering mengeluhkan morning sickness, anda dapat menenguk air hangat di pagi hari. Carilah suasana yang berbeda dengan menu yang variatif agar sarapan di pagi hari menyenangkan.
  2. Hindari stres ketika sedang hamil, ketika anda mengalami tekanan psikis maupu fisik selama kehamilan maka dapat memicu produksi asam lambung. Ada baiknya anda menikmati masa kehamilan disertai dengan dukungan.
  3. Hindari berbaring setelah mengkonsumsi makanan, bagi anda yang setelah makan dan merasakan ketidaknyamanan pada perut hindari berbaring setelah makan dikarenakan asam lambung akan mudah berbalik kembali ke kerongkongan ketika anda berbaring setelah makan. Ambilah jeda waktu 30-45 menit sebelum anda berbaring.
  4. Apabila anda akan berbaring sebaiknya posisikan kepala anda lebih tinggi dari kaki, hal ini dikarenakan dapat membantu anda untuk mencegah asam lambung naik ke kerongkongan dan mencegah terjadinya heartburn pada ibu hamil.
  1. Anda dapat menggunakan pakaian khusus ibu hamil, pakaian yang longgar akan memberikan kenyamanan pada ibu hamil. Hal ini akan membantu anda menghindari tekanan pada bagian perut sehingga anda akan tetap nyaman beraktifitas.

Bahaya Sakit Lambung Saat Hamil

Penyakit maag sebenarnya bukan penyakit yang berbahaya, tapi dapat membahayakan kalau tidak disiplin dalam hal pola makan. Penderita maag boleh saja hamil tapi pilih obat maag yang aman untuk janin karena ada obat maag tertentu yang tidak boleh diminum oleh ibu hamil karena dapat menyebabkan perdarahan, keguguran.

Agar maag tidak kambuh, pola makan harus diataru menjadi lebih baik dan disiplin, yang penting lambung itu terisi meskipun sedikit tapi sering (small frequent meal). Hindari makanan yang merangsang lambung seperti makanan pedas, kopi (kafein), makanan pemicu gas seprti nangka, kol.

Sebelum merencanakan kehamilan, obati terlebih dahulu penyakit maag. Untuk maag ringan penyembuhan berkisar 1 – 1,5 bulan. Kalau maag disebabkan karena bakteri tertentu maka harus diobati dengan antibiotik.

Resiko yang bisa ditimbulkan pada janin:

– Keguguran

– Pertumbuhan janin terganggu

– Kecacatan pada janin

– Bayi meninggal jika infeksinya cukup parah.

Maka dari itu, penting untuk para ibu hamil yang memiliki riwayat sakit maag mengetahui bahaya sakit lambung saat hamil. Karena bertujuan untuk selalu mewaspadai perkembangan janin yang dikandung bilamana asam lambung kambuh secara mendadak.

Apa Itu ElderlyCare?

Elderlycare adalah Produk PT. Autoimun Care Indonesia yang merupakan Formula Organik yang diciptakan khusus untuk membantu menyembuhkan penyakit Maag, membantu mengatasi Gangguan pada Sistem Pencernaan, dan membantu memperbaiki sistem metabolisme tubuh.

Elderlycare ini di Produksi dengan teknologi canggih Nanotechnology yang dapat menjaga kesehatan dan membantu menyembuhkan gangguan pencernaan tubuh serta membantu memperbaiki sistem metabolisme tubuh.