skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Sakit Maag Gastritis

Sakit Maag Gastritis

Gastritis (radang lambung) adalah suatu kondisi di mana mukosa lambung meradang atau membengkak. Maag dapat muncul secara mendadak (gastritis akut), atau berlangsung dalam waktu yang lama (gastritis kronis). Penyakit ini tidak berbahaya dan dapat disembuhkan dengan pengobatan tertentu. Namun demikian, dalam beberapa kasus, gastritis dapat menyebabkan maag dan meningkatkan risiko kanker perut.

Penyakit ini umumnya dinamakan maag dan biasanya dapat bisa dirasakan oleh semua orang, bila dalam keadaan yang sedang sakit. Dan lambung ini merupakan organ yang paling penting untuk tubuh, jika tidak ada lambung makanan yang kita makan tidak dapat dicerna dengan baik. Ada orang yang bermasalah terhadap lambung, yang pasti akan mengalami nyeri atau sakit. Penyebab sakit maag sangat banyak sekali, dan rata rata yang bikin penyebab karena ulah dari Anda sendiri. Bisa kalian perhatikan, lambung semua orang pasti berbeda beda, ada kuat dan ada yang tidak.

Penyebab sakit maag

Secara umum hal-hal yang dapat menyebabkan sakit maag adalah sebagai berikut:

  1. Makan secara tidak teratur. Jadwal makan seseorang yang sembarangan akan sangat menjadi penyebab utama munculnya penyakit maag pada seseorang. Dampak ini tidak muncul dalam rentan waktu yang cepat namun akan dirasakan dampaknya setelah menahun. Jika Anda sewaktu mahasiswa sering makan sembarangan dan tidak teratur, maka dampaknya akan dapat dirasakan setelah Anda menikah. Setelah seseorang telat makan, dianjurkan untuk makan sedikit saja atau tidak terlalu banyak. Karena telat makan lantas makan terlalu banyak juga bisa memicu timbulnya penyakit maag.
  2. Ganguan mikroorganisme berbahaya dalam tubuh juga bisa menjadi pemicu sakit maag pada tahapan kanker lambung.
  3. Hal-hal lain yang bisa menjadi pemicu gejala sakit maag adalah konsumsi alkohol, meminum obat-obatan tertentu dalam jangka waktu yang lama, pola tidur yang tidak teratur serta stres yang dialami.

Faktor Risiko

Faktor-faktor yang meningkatkan risiko maag meliputi:

  1. Infeksi bakteri

Orang yang terinfeksi Helicobacter pylori dapat mengalami maag -umumnya maag kronis. Setengah populasi dunia diperkirakan terinfeksi oleh bakteri ini, yang diduga ditularkan dari orang ke orang. Namun sebagian besar dari mereka yang terinfeksi tidak mengalami komplikasi infeksi H. pylori. Pada sebagian orang, H. Pylori dapat memecah lapisan pelindung lambung bagian dalam yang menyebabkan perubahan pada lapisan lambung.

Alasan mengapa sebagian orang mengalami komplikasi akibat infeksi H. pylori seperti maag, bisul dan lain-lain sebenarnya masih tidak jelas. Namun para ahli kesehatan meyakini bahwa kerentanan seseorang terhadap H. pylori bisa dipengaruhi dari genetik (keturunan) atau bisa juga disebabkan karena gaya hidup, seperti kebiasaan merokok dan stres tingkat tinggi.

  1. Biasa menggunakan obat penghilang rasa sakit (termasuk obat rematik)

Obat penghilang rasa sakit umum seperti antalgin, aspirin, ibuprofen dan naproxen dapat menyebabkan maag akut dan kronis. Dengan terus menerus menggunakan obat-obatan ini maka dapat mengurangi substansi kunci yang membantu menjaga lapisan lambung.

  1. Stres

Termasuk juga stres fisik yang diakibatkan operasi besar (pembedahan besar), cedera, luka bakar atau infeksi berat dapat menyebabkan maag akut.

  1. Usia

Orang dewasa memiliki peningkatan risiko maag karena lapisan lambung mereka cenderung menipis seiring usia dan karena orang dewasa lebih mungkin terjangkit infeksi H. pylori atau gangguan autoimun ketimbang anak-anak.

  1. Penggunaan alkohol

Alkohol akan mengiritasi dan mengikis lapisan lambung, yang menjadikan lambung lebih rentan terhadap asam lambung. Penggunaan alkohol cenderung menyebabkan maag akut.

Apa Itu ElderlyCare?

Elderlycare adalah Produk PT. Autoimun Care Indonesia yang merupakan Formula Organik yang diciptakan khusus untuk membantu menyembuhkan penyakit Maag, membantu mengatasi Gangguan pada Sistem Pencernaan, dan membantu memperbaiki sistem metabolisme tubuh.

Elderlycare ini di Produksi dengan teknologi canggih Nanotechnology yang dapat menjaga kesehatan dan membantu menyembuhkan gangguan pencernaan tubuh serta membantu memperbaiki sistem metabolisme tubuh.