skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Sakit Maag Fungsional

Sakit Maag Fungsional

Maag atau Gastritis merupakan gangguan pada lambung yang dikarenakan oleh luka atau adanya peradangan pada lapisan lambung. Hal ini menyebabkan terjadinya mulas, kadang perih pada bagian perut karena adanya produksi asam lambung yang berlebihan.

Gejala yang dialami oleh penderita Maag, Gastritis atau Asam Lambung yang berlebihan antara lain adalah adanya rasa mual atau ingin muntah yang sering muncul dan meninggalkan rasa asam dan pahit pada lidah karena meningkatnya produksi asam lambung, perut nyeri, kembung, nafsu makan menurun, wajah menjadi pucat, keringat dingin, pusing, sering sendawa, dan juga susah tidur.

  1. Sakit maag karena organik

Penyebab organik muncul karena kelainan atau luka pada organ tubuh lain sehingga menghasilkan efek nyeri di perut. Contohnya tukak, yakni luka pada lambung atau usus kecil, penyakit refluks gastroesofageal (GERD), kelainan pankreas atau empedu, intoleransi obat atau makanan, dan infeksi. Jika mengalami masalah seperti ini, harus ditangani dokter yang tepat sehingga bisa mengetahui organ mana yang menjadi sumber masalah. Pengidap penyakit maag jenis ini bisa sembuh jika dokter menangani dengan baik.

  1. Sakit maag karena fungsional

Berbeda dengan organik, jenis fungsional lebih banyak dipengaruhi oleh faktor genetik dan psikososial. Hampir 85 persen penderita maag mengidap maag fungsional. Untuk menyembuhkan sakit maag jenis ini, Anda perlu mengubah gaya hidup, porsi makan, tidak cemas berlebihan, tidak merokok, dan mendapatkan pengobatan yang tepat. Jenis ini juga dapat disembuhkan.

Pada akhirnya, bisa ditarik kesimpulan, sakit maag bisa sembuh bila orang tersebut menjaga gaya hidup, pola makan, menghindari stres, dan mendapatkan pengobatan yang tepat. Sahabat, untuk membantu meredakan rasa sakit, Anda dapat mengkonsumsi air hangat secukupnya dan minum obat maag yang aman dan tepercaya.

Untuk Anda yang tidak ingin terganggu dan ingin maag cepat sembuh, segera konsumsi obat yang mengandung antasida. Dari berbagai jenis, antasida yang terbukti mampu meredakan asam lambung dengan cepat, aman untuk di konsumsi, dan memberikan perlindungan lebih lama adalah Hydrotalcite.

Makanan dan minuman yang harus di hindari penderita sakit maag:

  • Hindari makanan yang banyak mengandung gas, seperti makanan berlemak, sayuran sawi dan kol, buah nangka dan pisang ambon, makanan berserang (kedondong), buah yang dikeringkan, dan minuman yang mengandung soda.
  • Hindari makanan yang merangsang pengeluaran asam lambung, seperti kopi, minuman beralkohol, anggur putih, sari buah citrus, dan susu full cream.
  • Hindari makanan yang melemahkan klep kerongkongan bawah antara lain alkohol, cokelat, makanan tinggi lemak dan gorengan.
  • ¬†Beberapa sumber karbohidrat yang perlu dihindarkan beras ketan, mi, jagung, ubi singkong, tales, dodol.
  • Hindari makanan yang sulit dicerna, yang dapat memperlambat pengosongan lambung, seperti kue tart dan keju.
  • ¬†Hindari makanan yang secara langsung merusak dinding lambung, seperti yang mengandung cuka, pedas, merica dan bumbu yang merangsang.

Komplikasi

Bila tidak ditangani, maag dapat menyebabkan radang perut dan pendarahan lambung. Maag kronis juga dapat meningkatkan risiko kanker lambung, terutama jika penipisan lambung terjadi secara luas dan perubahan pada sel-sel di lapisan ini.

Pengobatan

Obat-obat yang biasa digunakan untuk mengobati maag antara lain:

  1. Ranitidin

Mengobati tukak lambung.

  1. Agen Cytoprotektif

Melindungi lapisan lambung dan usus halus.

  1. Antasida

Menetralisir asam lambung dan menghilangkan rasa nyeri.

  1. Simetidin

Mengobati dyspepsia.

  1. Pompa Proton

Mencegah pertumbuhan bakteri, menghentikan produksi asam lambung dan menghambat infeksi bakteri H. pylori.

  1. Anti sekretorik

Menekan sekresi asam.

  1. Pankreatin

Membantu pencernaan lemak, karbohidrat, protein dan mengatasi gangguan sakit pencernaan seperti perut kembung, mual, dan sering mengeluarkan gas.

Apa Itu ElderlyCare?

Elderlycare adalah Produk PT. Autoimun Care Indonesia yang merupakan Formula Organik yang diciptakan khusus untuk membantu menyembuhkan penyakit Maag, membantu mengatasi Gangguan pada Sistem Pencernaan, dan membantu memperbaiki sistem metabolisme tubuh.

Elderlycare ini di Produksi dengan teknologi canggih Nanotechnology yang dapat menjaga kesehatan dan membantu menyembuhkan gangguan pencernaan tubuh serta membantu memperbaiki sistem metabolisme tubuh.