skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Sakit Maag Dan Gerd

Sakit Maag dan Gerd

Penyakit Maag meskipun ternyata memiliki penyebab yang sama penyakit asam lambung atau biasanya asam lambung ini disebut dengan GERD atau Gastro Esophagel reflux disease yang memunculkan rasa terbakar pada bagian dada, hal ini dikarenakan cairan lambung yang naik sampai ke mulut dan tidak hanya kekerongkongan. Sedikit berbeda dengan maag dimana penyakit maag merupakan timbulnya peradangan lambung atau iritasi dan hanya bereaksi pada organ lambung dan juga saluran cerna yang ada bagian atas perut.

Orang yang menderita maag sering tidak memiliki gejala apa pun sampai didiagnosis. Namun, Anda harus waspada jika memiliki gejala-gejala ini:

– nyeri di perut bagian atas

– hilang nafsu makan

– mual dan muntah

– merasa kenyang meski baru makan sedikit

Jika mukosa lambung Anda mengalami pendarahan, Anda mungkin memiliki gejala-gejala ini:

– feses berwarna hitam

– muntah darah atau cairan berwarna pekat seperti kopi

Penyakit GERD

GERD adalah keluhan atau rasa yang tidak nyaman pada saluran cerna bagian atas yang disebabkan oleh naiknya asam lambung yang keluar dari area lambung naik ke kerongkongan.

GERD ini biasanya disebabkan makanan yang terlalu penuh pada lambung penderita maag, sehingga makanan ini akan menekan asam lambung di area lambung keluar dari dalam lambung.

Dan biasanya asam lambung yang keluar dari dalam lambung naik ke tenggorokan mempunyai derajat keasaman yang sangat tinggi.

Oleh karena itu, ketika terjadi GERD, maka asam lambung yang naik ke kerongkongan ini bisa melukai daerah kerongkongan, yang lama-lama bisa memicu terjadinya kanker kerongkongan.

Bukan hanya itu saja, keluarnya asam lambung yang berderajad asam sangat tinggi ini jika sampai keluar dari area lambung bisa luber kemana-mana. Ke daerah seputar dada hingga mengenai jantung atau paru-paru.

 

Hal ini tentu saja kemudian akan bisa menggangu kinerja jantung dan paru-paru. Sehingga pada penderita GERD akan mengalami jantung sering berdebar-debar hingga membuatnya panik, dan sesak nafas mendadak ketika kelelahan atau terkena udara dingin.

Gejala Gerd biasanya mudah lelah, sering panik yang tidak beralasan, tenggorokan panas, kering dan seperti tercekat, perut panas, sering sendawa, dan kepala pusing bukan main, atau kliyengan seperti mau pingsan rasanya.

Yang paling menyiksa adalah jika daerah kerongkongan terasa kering, panas membara dan seperti tercekik hingga sulit bernafas. Kemungkinan kanker esofaagus awalnya dari GERD yang lama tak sembuh-sembuh karena memang sangat sulit diobati.

Ciri-ciri dan Gejala GERD

Lebih lengkap berikut ciri-ciri dan gejala GERD yang perlu Anda ketahui:

– Suara serak atau disertai sakit tenggorokan

– Rasa terbakar di dada ,kadang-kadang menyebar sampai ke tenggorokan, bersama dengan rasa asam di mulut

– Batuk kering

– Nyeri dada

– Kesulitan menelan (disfagia)

– Terasa tak nyaman / ada benjolan di tenggorokan

– Regurgitasi (mual-muntah) makanan atau cairan asam lambung .

Gejala GERD diatas tak selalu muncul semua, karena tergantung pula pada tingkat keparahannya.

Penyebab GERD dan Faktor Resiko

Perbatasan antara esofagus dan lambung terdapat sphincter, yakni otot melingkar yang dapat mengencang (menutup) dan mengendur (membuka). Ketika kita menelan makanan otot sphincter itu akan melonggar sehingga makanan dan cairan mengalir menuju lambung dan seketika setelahnya akan kembali menutup.

Namun, jika katup ini melemah atau mengendur abnormal, maka asam lambung maupun isi lambung akan bisa mengalir kembali ke esofagus (refluks), dan timbullah rasa mulas dan mual.

Apa Itu ElderlyCare?

Elderlycare adalah Produk PT. Autoimun Care Indonesia yang merupakan Formula Organik yang diciptakan khusus untuk membantu menyembuhkan penyakit Maag, membantu mengatasi Gangguan pada Sistem Pencernaan, dan membantu memperbaiki sistem metabolisme tubuh.

Elderlycare ini di Produksi dengan teknologi canggih Nanotechnology yang dapat menjaga kesehatan dan membantu menyembuhkan gangguan pencernaan tubuh serta membantu memperbaiki sistem metabolisme tubuh.