skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Penyakit Maag Akut Itu Apa?

Penyakit Maag Akut Itu Apa?

Definisi

Maag akut adalah penyakit radang selaput lendir pada lambung. Ini dapat diartikan bahwa sel-sel darah putih pindah ke dinding perut sebagai respon terhadap beberapa jenis cedera pada lambung. Maag adalah penyakit yang sangat mengganggu dan dapat menimbulkan masalah yang mengancam di kehidupan orang banyak, apabila tidak diobati sebelum terlambat.

Pada manusia, lapisan perut mengandung sel khusus yang menghasilkan asam dan enzim, yang berfungsi untuk membantu memecah makanan untuk pencernaan, dan lendir, yang melindungi lapisan perut dari asam. Ketika lapisan perut meradang, otomatis sel khusus tersebut akan menghasilkan lebih sedikit asam, enzim, dan lendir.

Penyebab

Beberapa penyebab yang bisa menyebabkan maag akut adalah:

  1. Bakteri Helicobacter pylori

Penyebab sakit maag yang pertama adalah karena adanya bakteri bernama helicobacter pylori. Bakteri helicobacter pylori ini bisa menyebabkan peradangan atau iritasi pada lambung sehingga menyebabkan maag kronis yang jika tidak segera diobati akan semakin parah dan menjadi kanker lambung.

  1. Makan tidak teratur

Penyebab sakit maag yang kedua adalah karena makan tidak teratur. Makan tidak teratur menyebabkan kekosongan pada jam-jam makan. Dimana pada saat itu lambung telah bersiap untuk mengeluarkan asam lambung guna melakukan pencernaan makanan.

Kekosongan yang terjadi dilambung menyebabkan asam lambung tersebut mengenai dinding-dinding lambung dan menyebabkan peradangan atau iritasi dan menjadi sakit maag.

  1. Beban pikiran, stres dan gangguan emosional

Penyebab sakit maag yang selanjutnya adalah adanya beban pikiran, stres maupun gangguan emosional. Beban pikiran, stres maupun gangguan emosional memicu tubuh untuk memproduksi asam lambung secara berlebih. Produksi asam lambung yang berlebih inilah yang menyebabkan peradangan dan menyebabkan sakit maag.

  1. Merokok dan mengkonsumsi alkohol

Penyebab sakit maag yang berikutnya adalah merokok dan mengkonsumsi alkohol. Rokok dan alkohol tidak hanya buruk bagi kesehatan, namun juga memberikan pengaruh buruk bagi kesehatan lambung, terutama menyebabkan sakit maag dan penyakit gangguan lambung lainnya.

  1. Kelelahan, kurang tidur dan insomnia

Kelelahan, kurang tidur dan insomnia menjadi penyebab sakit maag selanjutnya. Salah satu penyebab naiknya asam lambung adalah karena aktivitas yang padat. Kelelahan terjadi karena aktivitas yang padat sehingga dapat memicu naiknya produksi asam lambung.

Selain itu produksi asam lambung juga relative meningkat di malam hari. Itulah mengapa orang yang mengalami kurang tidur atau insomnia lebih beresiko terserang penyakit maag.

Pencegahan Maag

Jika anda rentan terkena gejala maag, cobalah untuk membagi porsi makan anda ke jadwal makan baru. Sebagai contoh, jika sebelumnya anda suka makan dengan porsi besar tiap jadwal makan, ubah porsinya menjadi sedikit-sedikit sehingga jadwal makan anda menjadi lebih sering dari biasanya. Selain itu, hindari makanan berminyak, asam, atau pedas.

Jika anda termasuk seseorang yang aktif mengonsumsi minuman beralkohol, maka kurangilah kebiasaan tersebut karena alkohol juga dapat menyebabkan gejala maag. Selain itu, kendalikan stres anda.

Jika gejala maag sering kambuh setelah anda menggunakan obat pereda sakit jenis anti-inflamasi nonsteroid (OAINS) konsultasikan hal tersebut kepada dokter. Dalam kasus ini, dokter biasanya akan mengganti OAINS dengan obat pereda nyeri golongan lain seperti paracetamol.

Stress ini merupakan salah satu penyebab umum orang terserang maag, karena itu orang yang tinggal di kota besar seringkali mengalami penyakit ini. Ketika makan juga sebaiknya porsi diatur, jangan terlalu banyak, lebih baik sering makan namun dengan porsi kecil, jaga agar lambung tidak kosong. Jika kosong anda dapat memakan snack ringan seperti roti.

Apa Itu ElderlyCare?

Elderlycare adalah Produk PT. Autoimun Care Indonesia yang merupakan Formula Organik yang diciptakan khusus untuk membantu menyembuhkan penyakit Maag, membantu mengatasi Gangguan pada Sistem Pencernaan, dan membantu memperbaiki sistem metabolisme tubuh.

Elderlycare ini di Produksi dengan teknologi canggih Nanotechnology yang dapat menjaga kesehatan dan membantu menyembuhkan gangguan pencernaan tubuh serta membantu memperbaiki sistem metabolisme tubuh.