skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Penyakit Maag Akut Adalah …

Penyakit Maag Akut Adalah …

Maag akut adalah peradangan pada dinding lambung. Ini bukanlah penyakit, namun sebuah kondisi yang disebabkan oleh beragam faktor yang berbeda, seperti konsumsi alkohol berlebihan, stres, muntah-muntah yang kronis, atau obat-obatan tertentu. Infeksi, refluks empedu, bakteri, dan anemia pernikus juga penyebab umum dari maag lainnya.

Maag adalah penyakit yang disebabkan oleh adanya asam lambung yang berlebih atau meningkatnya asam lambung sehingga mengakibatkan imflamasi atau peradangan dari mukosa lambung seperti teriris atau nyeri pada ulu hati.

Gejala yang terjadi yaitu perut terasa perih dan mulas. Pada kebanyakan kasus, maag bukanlah kondisi yang serius. Namun, jika dibiarkan, hal tersebut dapat menyebabkan hilangnya darah dalam jumlah banyak karena ulkus dan/atau kanker lambung.

Kondisi ini dapat menjadi akut atau kronis. Maag akut dideskripsikan sebagai maag yang muncul secara tiba-tiba. Sedangkan, maag kronis berkembang seiring berjalannya waktu.

Adapun jenis penyakit maag akut antara lain:

  1. Maag bakterialis biasanya merupakan akibat dari infeksi oleh Helicobacter pylori (bakteri yang tumbuh di dalam sel penghasil lendir di lapisan lambung).

Tidak ada bakteri lainnya yang dalam keadaan normal tumbuh di dalam lambung yang bersifat asam, tetapi jika lambung tidak menghasilkan asam, berbagai bakteri bisa tumbuh di lambung. Bakteri ini bisa menyebabkan maag menetap atau maag sementara.

  1. Maag karena stres akut, merupakan jenis maag yang paling berat, yang disebabkan oleh penyakit berat atau trauma (cedera) yang terjadi secara tiba-tiba. Cederanya sendiri mungkin tidak mengenai lambung, seperti yang terjadi pada luka bakar yang luas atau cedera yang menyebabkan perdarahan hebat.
  2. Maag erosif kronis bisa merupakan akibat dari:
  • Bahan iritan seperti obat-obatan, terutama aspirin dan obat anti peradangan non-steroid lainnya
  • Penyakit crohn
  • Infeksi virus dan bakteri.

Maag ini terjadi secara perlahan pada orang-orang yang sehat, bisa disertai dengan perdarahan atau pembentukan ulkus (borok, luka terbuka). Paling sering terjadi pada alkoholik.

  1. Maag atrofik terjadi jika antibodi menyerang lapisan lambung, sehingga lapisan lambung menjadi sangat tipis dan kehilangan sebagian atau seluruh selnya yang menghasilkan asam dan enzim. Keadaan ini biasanya terjadi pada usia lanjut.

Maag ini juga cenderung terjadi pada orang-orang yang sebagian lambungnya telah diangkat (menjalani pembedahan gastrektomi parsial). Maag atrofik bisa menyebabkan anemia pernisiosa karena mempengaruhi penyerapan vitamin B12 dari makanan.

  1. Maag karena virus atau jamur bisa terjadi pada penderita penyakit menahun atau penderita yang mengalami gangguan sistem kekebalan.
  2. Maag eosinofilik bisa terjadi sebagai akibat dari reaksi alergi terhadap infestasi cacing gelang. Eosinofil (sel darah putih) terkumpul di dinding lambung.
  3. Penyakit Meniere merupakan jenis maag yang penyebabnya tidak diketahui. Dinding lambung menjadi tebal, lipatannya melebar, kelenjarnya membesar dan memiliki kista yang terisi cairan. Sekitar 10% penderita penyakit ini menderita kanker lambung.
  4. Maag sel plasma merupakan maag yang penyebabnya tidak diketahui. Sel plasma (salah satu jenis sel darah putih) terkumpul di dalam dinding lambung dan organ lainnya.

Mengonsumsi makanan secara sembarangan akan membuat kondisi maag yang sudah akut menjadi makin parah. Jadi makanan-makanan inilah yang disarankan untuk dikonsumsi oleh para penderita maag, begitu juga para ibu hamil yang terkena maag. Anjuran makanan tersebut adalah:

  1. Makanan Halus

Karena terjadinya iritasi di lambung dan bahkan kadang di tenggorokan, maka makanan yang sudah diolah hingga halus adalah yang terbaik bagi penderita maag akut. Untuk ibu-ibu hamil juga bisa mengonsumsi bubur sehingga akan lebih mudah dicerna.

  1. Yogurt

Bagi penderita maag apalagi yang sudah kronis, yogurt dengan kandungan lemaknya yang rendah sangat layak untuk dikonsumsi. Selain aman, yogurt akan membuat lambung menjadi lebih segar. Bagi para ibu hamil juga boleh mencoba mengonsumsi yogurt karena dipercaya bahwa mual dan muntah bisa berkurang dengan makanan ini.

  1. Makanan Berserat

Makanan yang mengandung serat akan membantu agar para pengidap maag akut tidak sembelit. Tapi hati-hati juga karena mengonsumsi terlalu banyak serat juga akan menyulitkan sistem pencernaan dalam mencernanya. Contoh makanan berserat dengan tekstur halus dan mudah dicerna adalah pisang dan alpukat.

Apa Itu ElderlyCare?

Elderlycare adalah Produk PT. Autoimun Care Indonesia yang merupakan Formula Organik yang diciptakan khusus untuk membantu menyembuhkan penyakit Maag, membantu mengatasi Gangguan pada Sistem Pencernaan, dan membantu memperbaiki sistem metabolisme tubuh.

Elderlycare ini di Produksi dengan teknologi canggih Nanotechnology yang dapat menjaga kesehatan dan membantu menyembuhkan gangguan pencernaan tubuh serta membantu memperbaiki sistem metabolisme tubuh.